0

12 Tips Puasa Sehat Selama Bulan Ramadhan

Tips Puasa Sehat. Selama bulan Ramadhan seluruh umat Islam menjalankan kewajiban untuk berpuasa. Selama kurang lebih 12 jam menahan lapar dan haus serta menahan nafsu sebulan penuh lamanya. Puasa ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tentu jika dijalankan dengan cara yang sehat pula. Saat berpuasa di siang hari tidak lantas menjadikan tubuh menjadi lesu. Pola makan yang berubah selama Bulan Puasa harus disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalankan aktivitas di siang hari. Terlebih lagi, setelah melewati Ramadhan, selain menjadi lebih dekat dengan Allah SWT, kita juga menjadi individu yang lebih sehat daripada sebelumnya. Untuk itu, mungkin Anda perlu menyimak dan mengikuti tips puasa sehat ini selama Anda menjalankan ibadah puasa sebulan penuh lamanya.

12 Tips Puasa Sehat Selama Bulan Ramadhan

Tips Puasa Sehat di Bulan Ramadhan

Supaya sehat selama sebulan penuh puasa, sebaiknya Anda menyimak tips puasa sehat berikut ini yang mungkin akan bermanfaat bagi Anda selama menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan ini. Beberapa tips puasa sehat selama Bulan Puasa Ramadhan yaitu:

  1. Atur waktu Anda untuk menyantap sahur di akhir waktu. Selain berguna untuk menunjang puasa anda di siang hari, makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan sunnah Rasul.
  2. Makanlah dengan porsi normal, jangan berlebihan. Fokuslah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, serta buah dan sayuran. Menyantap makanan yang mengandung banyak air selama sahur juga sangat baik untuk hidrasi tubuh anda sepanjang hari.
  3. Akhiri santap sahur dengan segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuh Anda. Minumlah suplemen ataupun multivitamin yang biasa anda konsumsi ataupun yang disarankan oleh dokter Anda.
  4. Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, karena justru dapat membuat tubuh lemas di siang hari.
  5. Minum air yang cukup. Sebelum waktu imsak tiba, minumlah air yang cukup, tiga hingga lima gelas. Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.
  6. Di waktu terpanas di siang hari, hindari berlama-lama di terik matahari dan kurangi aktivitas fisik.
  7. Jika ada waktu, sempatkan untuk mengistirahatkan tubuh Anda, dan mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk sahur. Waktu setelah sholat Dzuhur merupakan saat yang tepat untuk beristirahat.
  8. Jika memiliki waktu luang di sore hari, sempatkan untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, bersepeda santai, ataupun yoga. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.
  9. Saat waktu buka puasa tiba, jangan makan dengan berlebihan. Sebaiknya ikuti sunnah, yaitu dengan buah kurma dan minuman yang manis: bisa dengan susu, jus buah, ataupun sekedar air. Minumlah cukup air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.
  10. Setelah Maghrib, lanjutkan dengan menyantap hidangan utama, dengan menu yang seimbang. Makanlah sesuai dengan porsi anda yang biasa, tidak perlu berlebihan. Cukupkan dengan karbohidrat, protein, serta sayuran dan buah-buahan.
  11. Hindari makan gorengan berlebihan, serta batasi makanan yang pedas, agar perut tidak menjadi mules dan mengganggu pencernaan tubuh Anda.
  12. Cukupi asupan air tubuh Anda. Usahakan untuk meminum setidaknya lima gelas air putih sebelum tidur.

Dengan menjalankan 12 tips puasa sehat di atas, semoga puasa kita semua menjadi lebih hikmat dan selalu terjaga kesehatan kita selama sebulan penuh. Semoga 12 tips puasa sehat di atas bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *