0

5 Penyebab Keputihan Saat Hamil

Keputihan saat hamil biasa terjadi pada masa hamil muda ataupun hamil tua. Kehamilan bagi wanita merupakan saat-saat yang ditunggu oleh semua pasangan keluarga baik pasangan baru menikah ataupun yang sudah lama menikah. Bagi yang kehamilan pertama tentu banyak kecemasan dan kekhawatiran, apalagi sampai mengalami keputihan saat hamil muda. Gejala keputihan saat hamil yang dialami biasanya memang keputihan yang masih normal ditandai dengan keluarnya cairan bening melalui organ genital wanita yang tidak berbau dan tidak berwarna. Meski demikian, wanita yang sedang mengalami keputihan saat hamil hendaknya tetap waspada apabila keputihan yang dialami diiringi dengan bercak warna kemerahan.

penyebab keputihan saat hamilPada wanita hamil biasanya lebih rentan terkena keputihan terutama pada saat awal-awal kehamilannya. Ini disebabkan kondisi tubuhnya yang memang mengalami perubahan hormonal sehingga menstimulasi keluarnya cairan dari bagian intim wanita. Untuk itu, bagi yang mengalami keputihan saat hamil perlu memperhatikan beberapa penyebab keputihan saat hamil. Apa sajakah penyebab keputihan saat hamil? Berikut 5 penyebab keputihan saat hamil:

  1. Perubahan Hormonal Wanita
    Perubahan hormonal ini secara tidak langsung mempengaruhi keseimbangan hormon estrogen dan progesterone, sehingga keputihan saat hamil sebagai reaksi perubahan hormonal yang biasa terjadi. Hormon tersebut adalah hormon FSH dan LH yang diproduksi oleh hormon estrogen akibat aktivitas kelenjar hipofisa pada otak saat mengalami kehamilan.
  1. Terlalu Lelah
    Keputihan saat hamil disebabkan oleh aktivitas berlebih yang dilakukan memicu kelelahan dan kekurangan elektrolit tubuh, sementara janin masih membutuhkan elektrolit tubuh yang disuplai lewat plasenta. Ketidakseimbangan elektrolit antara janin dan tubuh wanita yang hamil akan memancing timbulnya reaksi hormonal berupa keputihan.
  1. Konsumsi Makanan Fermentasi
    Mengkonsumsi makanan tertentu yang berasal dari proses fermentasi seperti keju dan tape atau bahkan tempe saat masa kehamilan juga mempengaruhi keseimbangan hormonal sehingga bisa saja terjadi keputihan saat hamil.
  1. Perubahan pH vagina dan Rahim
    Keputihan saat hamil juga disebabkan perubahan derajat keasaman vagina dan rahim akibat aktifitas hormon pertumbuhan dan perkembangan janin.
  1. Stres Terus Menerus dan Depresi
    Keputihan saat hamil kebanyakan ditimbulkan oleh stres dan depresi. Hal ini yang memicu timbulnya produksi hormon yang merusak komposisi keseimbangan hormon. Keputihan yang terjadi akibat reaksi dari ketidakseimbangan hormonal atau terganggunya beberapa sistem kelenjar penghasil hormon.

Serangkaian penyebab keputihan saat hamil seperti di atas, hendaknya tetap selalu dipantau pada masa-masa kehamilan agar keputihan yang terjadi tidak berkembang menjadi keadaan yang lebih gawat, misalnya keputihan yang disertai dengan perdarahan. Bila sudah demikian, segeralah lakukan tindakan pengobatan dan penanggulangan apabila diketahui keputihan saat hamil yang terjadi diikuti dengan bercak darah, karena bisa jadi mengakibatkan keguguran ataupun timbulnya masalah pada perlekatan plasenta.

Incoming search terms:

  • keguguran tanpa pendarahan tapi keputihan
  • stres saat hamil penyebab keputihan
  • kecapekan waktu hamil keluar keputihan
  • ibu hamil muda saat capek akan keputihan
  • ibu hamil kecapean keluar keputihan
  • hamil muda kelelahan keluar keputihan
  • bumil keputihan saat capek
  • apakah kelelahan bisa menyebabkan keputihan untuk ibu hamil??
  • apa wanita hamil karna kelelahan mengeluarkan keputihan
  • akibat keputihan apa karena kelelahan pada wanita hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *