2

Hasil Penelitian Tentang Stres Bagi Kesehatan Wanita

Kesehatan Wanita akan terganggu bila mengalami stres, apalagi stres yang berkepanjangan. Pernahkah Anda mengalami stres yang berkepanjangan? Maka berhati-hatilah bila mengalaminya, karena stres yang berkepanjangan ini ternyata adalah salah satu penyebab terganggunya kesehatan wanita yaitu menjadi pelupa atau pikun. Stres pada dasarnya bisa memberikan pelajaran yang positif pada Anda jika Anda bisa mengelolanya, sehingga Anda bisa menjadi tambah waspada terhadap segala sesuatu. Namun sebaliknya, bila tidak bisa mengelolanya bahkan stres menjadi berkepanjangan maka stres justru akan berdampak buruk menjadi sesuatu negatif bagi kesehatan wanita. Stres bisa menjadi pemicu segala penyakit datang yang mengganggu kesehatan wanita.

Hasil Penelitian Tentang Stres Bagi Kesehatan WanitaBila Anda mengalami stres maka akan ada banyak mekanisme kimia yang bakal terjadi dalam tubuh. Tubuh pasti akan bereaksi ketika kita mengalami stres dengan melalui respon fisik, mental, dan emosional. Pada saat tidak mampu mengelola stres, maka Anda mengalami stres berkepanjangan dan tenggelam dalam stres tersebut yang bisa mengakibatkan produktivitas menjadi menurun. Karena Stres berkepanjangan inilah yang menyebabkan kesehatan wanita terganggu yaitu menjadi sering lupa atau pikun.

Stres berkepanjangan mengakibatkan menjadi pelupa atau pikun yang mengganggu kesehatan wanita merupakan hasil dari penelitian yang dimuat dalam Jurnal Progress in Neuro-Psychopharmacology and Biological Psychiatry pada tahun 2010 yang menyebutkan, bahwa dampak buruk dari stres yang bersifat kronis ialah menurunkan salah satu fungsi daya ingat, yaitu ingatan spasial. Ingatan spasial adalah ingatan yang bisa membuat Anda mengingat lokasi dan menghubungkan fungsi benda-benda di sekitar Anda.

Selain itu, terdapat hubungan antara hormon yang menyebabkan stres (kortisol) dengan kemampuan daya ingat manusia dan khususnya daya ingat jangka pendek merekaa. Hormone kortisol, seperti disebutkan dalam Journal of Neuroscience, merupakan hormon yang dapat menghubungkan syaraf syaraf sinaps, sehingga membantu dalamm menyimpan dan mengingat informasi yang ada.

Stress Kronis dan Akut Kedua nya Mengganggu Kesehatan Wanita

Stres sendiri dibedakan menjadi dua yaitu stres kronis dan stres akut. Stres Bersifat Akut inilah yang disebut stres jangka panjang dan bila terjadi maka otak akan menarik kembali ingatan-ingatan yang bersifat traumatik. Dampak buruk stres bersifat akut adalah biasanya manusia akan merasa sangat waspada atau bahkan mengalami kecemasan yang ber-lebihan. Sedangkan dampak buruk dari stress yang bersifat kronis adalah dijumpai nya peningkatan daerah yang berwarna putih diotak, sehingga menurunkan jumlah sel-syaraf yang biasanya membantu mengolah informasi. Bagaimanapun juga, kondisi stres baik yang bersifat kronis dan akut rentan menyebabkan masalah kesehatan wanita pada otak manusia. Hal ini dikarenakan otak sbagai pengolah informasi utama, maka tidak lah mengherankan jika stress inipun menyebabkan penurunan daya ingat, yang pada akhir nya menyebabkan menurunnya kesehatan wanita menjadi pikun atau pelupa.

Untuk menghindari Anda terkena stres yang mengganggu kesehatan khususnya kesehatan wanita, maka selalu terapkan pola hidup sehat yaitu istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang sehat, dan tentu saja berolahraga secara teratur sehingga tubuh memiliki cukup energi positif untuk menangkal energi yang negatif. Dengan tidur cukup dan ikut serta dalam aktivitas penurun stres seperti napasdalam, pijit atau yoga juga dapat membantu menjaga kesehatan wanita.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *