2

Waspadai Keputihan Wanita Yang Tidak Normal

Keputihan Wanita yang tidak normal banyak dialami oleh sebagian besar wanita. Namun banyak pula yang mengabaikannya karena kurangnya informasi mengenai hal ini. Keputihan wanita yang tidak normal sebetulnya mengganggu aktivitas sehari-hari wanita. Setiap wanita tentu tidak menginginkan hal ini terjadi pada dirinya, apalagi bagi wanita yang aktif atau wanita bekerja.

keputihan tidak normalInformasi mengenai penyakit keputihan wanita yang tidak normal memang sangat perlu untuk diketahui oleh banyak wanita. Hal ini untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan seperti bisa berujung pada penyakit kanker. Ciri keputihan wanita yang tidak normal berupa lendir berbentuk kental, berwarna kuning atau kecoklatan, berbau menyengat dan gatal. Keputihan wanita merupakan salah satu masalah kewanitaan yang cukup meresahkan dan paling sering mengganggu yaitu gejala keluarnya cairan dari organ genital wanita selain darah haid menstruasi.

Ciri Keputihan Wanita Yang Tidak Normal

Penyakit keputihan wanita yang tidak normal atau dalam dunia medis disebut keputihan patologis merupakan penyakit yang cukup serius bagi wanita. Seperti diketahui, keputihan wanita merupakan salah satu tanda terjadinya kelainan pada organ reproduksi wanita. Kelainan tersebut bisa berupa infeksi, tumor dan kanker, polip leher rahim, serta benda asing yang ada di dalam vagina. Meski tidak semua infeksi pada saluran reproduksi wanita merupakan gejala keputihan wanita. Namun yang perlu wanita ketahui adalah apakah keputihan wanita yang alami itu keputihan yang normal ataukah keputihan yang tidak normal. Hal ini bisa dilihat dengan mengetahui ciri-cirinya. Dan keputihan wanita yang tidak normal memerlukan perhatian yang cukup serius untuk diketahui. Diantara beberapa ciri keputihan wanita yang tidak normal yang perlu diketahui ialah:

  • Jumlah dan Volume Banyak

Lendir yang keluar dari organ genital wanita dalam jumlah dan volume yang banyak, bahkan jika dalam kondisi yang parah harus mengenakan pembalut supaya tidak merembes keluar.

  • Tidak Jernih

Lendir yang keluar dari organ genital wanita berwarna putih kekuningan atau putih keabu-abuan (seperti susu basi), kuning atau bahkan berwarna hijau yang disertai dengan gelembung. Dalam kondisi parah berwarna kecoklatan atau terwarnai dengan darah.

  • Sifat Yang Khas

Lendir yang keluar bersifat khas seperti berbentuk kental dan disertai dengan plak atau kotoran yang berbentuk padatan. Bisa juga lendir yang keluar terasa lengket serta berbusa.

  • Bau Menyengatkeputihan tidak normal 2

Lendir yang keluar terasa seperti bau yang menyengat atau menusuk. Pada beberapa kasus, bau yang ditimbulkan hampir mirip dengan bau busuk dan amis.

  • Terasa Gatal dan Pedih

Lendir yang keluar dari organ genital wanita disertai dengan rasa gatal, terasa pedih atau pruritas seperti tersiram cairan cabe.

Dengan mengetahui ciri-ciri keputihan wanita yang tidak normal seperti yang disebutkan di atas, hendaknya para wanita selalu waspada dan tahu bagaimana cara menghindarinya. Misalnya, jika para wanita terhinggapi stres, capek fisik maupun emosional, ada baiknya melakukan refreshing setidaknya seminggu sekali. Bisa dengan melakukan hobi atau kesenangan seperti menonton film 21 atau bioskop, membaca buku fiksi atau novel, berenang, atau sekadar jalan-jalan ringan ke pusat perbelanjaan walaupun hanya sekedar mencuci mata. Waspadalah terhadap keputihan wanita dengan gejala yang yang tidak normal ini.

Incoming search terms:

  • gambar keputihan tidak normal

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *